Minggu, 03 September 2017

informasi persiapan Taifu(Angin topan/badai)

Apakah anda sudah tahu Taifu (台風)?
Taifu adalah fenomena alam seperti angin topan dan badai(hujan deras)


biasanya dari bulan Juli sampai bulan Oktober sering datang Taifu.(selama musim panas sampai musim gugur)

kadang-kadang badai Taifu membawa bencara besar seperti banjir (洪水:kouzui) dan longsor(土砂崩れ:dosyakuzure) sampai banyak tewas dan pengungsi.
angin topan Taifu membuat musibah seperti jatuh truk di jalan tol, merusak tanaman pertanian, oleh angin atap rumah pun rusak, terbangkan segala barang, hancurkan bangunan tua dll.

kalau anda dapat informasi Taifu di TV(perkiraan cuaca) lebih baik mempersiapkan terhadap Taifu.

Jika Taifu lebih baik diam di rumah (keluar rumah ada resiko kena barang yg terbang dan kereta listrik juga sering berhenti.)

semua jendela menutup dan mengunci. jemuran juga menyimpan di dalam rumah(kalau tidak menyimpan semuanya dibawa oleh angin topan).
kalau rumah anda ada fasilitas "Amado"(雨戸 = penahan jendela) lebih baik menutup semua jendela dengan menggunakan amado.
barang yang ada di sekitar rumah anda juga lebih baik mengikat dengan tiang bangunan atau memasukkan barang ke dalam rumah.(supaya tidak dibawa oleh angin topan)

keluar rumah juga harus berhati-hati. lebih baik menjaga kepala(memakai helm atau topi), payung juga tidak bisa menggunakan karena anginnya terlalu kuat(paling memakai jas fujan), jika badai lebih baik memakai sepatu panjang dari karet. dan naik sepeda juga bahaya(lebih aman jalan kaki)
jika bersepeda harus hati-hati karena jalannya licin dan bunyi mobil juga tidak jelas khususnya pas lewat di atas papan besi jangan memakai lem sepeda karena mudah terpleset dan jatuh.


tetapi Taifu juga ada keuntungannya.
diantaranya, kita mendapatkan anugerah hujan untuk pertanian(tanaman menjadi subur) dan air untuk kehidupan sehari-hari kita seperti air minum, air cuci baju,air mandi dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar