Sabtu, 04 Februari 2017

Cara mencegah dan menghadapi bila kena flu

Di Jepang setiap tahun mulai bulan Januari sampai akhir Februari terus menambah pasien flu(かぜ) dan influenza(インフルエンザ).


gejala flu sbb;
(1) badan merasa dingin dan ada demam (ねつ) lebih baik cek suhu badan memakai termometer(たいおんけい). 38℃ lebih atasnya pasti susah bekerja (lebih baik melaporkan ke perusahaan dan berobat ke rumah sakit)
(2) sakit tenggorokan (のどがいたい) / sakit kepala (ずつう) / pilek (はなみず)
(3) hilang nafsu makan (しょくよくがない)
(4) mual (はきけ) /muntah (はく) /diare (げり) /sakit sendi (かんせつつう)


1. cara mencegahan flu sbb;

(1) jika ke tempat ramai(stasiun,supermarket,bioskop dll), jangan lupa memakai masker.
(2) sesudah pulang dan sebelum makan jangan lupa mencuci tangan dan kumur-kumur(kumur-kumur pakai teh hijau juga bagus seperti sterilisasi tenggorokan)
(3) cepat tidur dan banyak tidur.
(4) makan teratur dan seimbang giji(vitamin A,Vitamin C), minum teh hangat lebih baik.(teh hijau paling bagus. tidak mengandung gula lebih baik.)
(5) setiap hari berolahraga (senam ラジオたいそう) atau bersepeda lebih baik.
(6) kontrol suhu badan (jika merasa dingin, menambah pakaian dan jika merasa panas mengurangi pakaian. jika tidur juga pillih piyama dan selimut yang sesuai suhu kamar labih baik.


2. cara menghadapi bila kena flu dan poin cepat sembuh sbb;

(1) hangatkanlah badan anda (pakai piyama dan selimut yg hangat) dan isterahat/tidur banyak.(virus flu suka lingkungan dingin dan kering. tidak bisa hidup di lingkungan panas dan lembab. jadi  suhu kamar menjadi 20℃ lebih atas dan kelembaban 40% lebih atasnya virus flu bisa mengurang dan mati.)
(2) makanlah makanan yang mudah mencernakan seperti bubur(おかゆ) dan banyak minum (minuman yg hangat lebih baik seperti teh hijau.) karena bila demam banyak keluar keringat.
(3) makanan yang cocok bila kena flu dan kaya giji vitamin A adalah susu/telur/hati ayam. kaya giji vitamin C adalah stroberi(いちご)/bayam(ほうれんそう)/brokoli(ブロッコリー). kaya giji protein adalah daging/ikan/produk susu(yogurt,keju).
(4) jangan merokok.(oleh merokok menghancurkan vitamin C dan sel dalam tenggorokan akibatnya virus juga mudah masuk dalam tubuh.)


3. cara berobat ke rumah sakit

(1) memillih rumah sakit '内科(ないか)' bagian penyakit dalam
(2) membawa kartu asuransi kesehatan (ほけんしょう) dan dompet dan KTP (zairyu card)
(3) cetak(atau menyalin) dan mengisi(cek) formulir di bawah ini lebih baik.
    http://www.kifjp.org/medical/indonesian/pdf/naika.pdf
(4) di jendela rumah sakit, menyerahkan 'kartu asuransi kesehatan' (ほけんしょう) dan formuliur yg (3) ke petugas rumah sakit.
(5) sesudah selesai periksa dokter membayar biaya berobat dan menerima 'resep obat'(しょほうせん) . biasanya resep obat membawa ke apotek(やっきょく). biasanya apotek kliniknya ada di sebelah rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar