Minggu, 19 Februari 2017

Waspada Penipuan Di Internet !!

Percaya kata-kata orang lain, itu sifat yang baik dan jujur.
Tetapi masa sekarang, mudah percaya dengan kata-kata orang lain membawa dampak resiko terutama berkenalan melalui Internet, karena dunia kita bukan semuanya jujur dan baik!!!
Penipu yang mengincar orang jujur kemungkinan juga banyak!!
Di dunia Internet sedang populer SNS seperti facebook,BBM,LINE dll.
tetapi kalian harus tahu !! layanan ini siapa pun nama palsu juga bisa membuat akun(ID).
dan foto-foto pribadi pun mudah mencuri dari Internet.
pernah ada kasus seperti di bawah ini.

sesuatu hari seseorang dicuri akun facebook. tiba-tiba menjadi tidak bisa login ke facebook.
kelihatanya dicuri akun dan kata sandi juga diganti oleh pencuri akun.
dan pencuri akun mengirim message ke sahabat korban begini. "Ibu saya masuk rumah sakit, tolong mengirim uang !! nomor rekeningnya begini !! minggu depannya operasi tolong kirim secepatnya!!". akibatnya sahabat korban percaya message dari facebook dan langsung mengirim uang 70,000yen. sebaiknya sebelum mengirim uang harus menelepon terlebih dahulu ke sahabat dan memastikan betul atau tidaknya.
biasanya penjahat(penipu) menggunakan rekening bank dan hp yang orang lain jadi polisi juga susah menangkapnya.


dan kasus begini juga ada.

Pertama, penipu itu melalui facebook mendekat-dekati sambil kata-kata manis seperti "saya ingin belanja di Jepang tetapi tidak punya alamat di Jepang jadi tolong meminjam alamat dan nama Anda!! ".seperti begini melalui facebook dan BMM. dan supaya  dipercayai menggunakan nama staf bea cukai dan NIP.
Modus kejahatannya begini pertamanya penjahat mencuri kartu kredit orang lain(mencuri nomor dan data kartu kredit) dan keduanya berbelanja di Internet(tempat mengirim barangnya menggunakan alamat korban), ketiganya menyuruh mengirim barang ke alamat lain(orang yang mengirim paket ke Indonesia),orang yang menerima barang di Indonesia juga bukan langsung oleh penipu.(menggunakan alamat dan nama orang lain)
dari awal penipunya memakai nama palsu(pura-pura menjadi orang lain seperti staf bea cukai,artis,penyanyi,pemain olahraga dll.)

POIN PENTING
・ teman atau keluarga pun jika bicara "tolong mengirim uang!!" harus menelepon terlebih dahulu dan memastikan betul atau tidaknya.(lebih baik cek pakai pertanyaan yang dia saja tahu.)
・ biasanya penipu menggunakan nama palsu, kartu kredit orang lain, alamat orang lain, nomor telepon orang lain,rekening bank orang lain yang dicuri.
・ dilarang keras!! jangan memberitahukan data pribadi anda kepada orang lain. seperti alamat,nomor telepon, nomor kartu kredit dll.(akan menggunakan oleh penipu)
・ jika penipu memancing korban pasti berbicara kata-kata manis, jangan percaya!! Bahaya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar