Minggu, 26 Maret 2017

Cerita penyakit populer di Jepang

Wilayah Jepang ada empat musim, sehingga penyakit pun macam-macam.

di musim dingin udaranya kering dan dingin sehingga virus dan bakteri yang suka lingkungan udara kering dan dingin berkembang biak.
seperti influenza(インフルエンザ), cacar air(みずぼうそう), gondong(おたふくかぜ),radang usus lambung yang menular(かんせんせいいちょうえん)seperti 'Norovirus(ノロウイルス)' dll.
virus seperti ini bisa menular ke orang lain. jadi merasa gejala demam, mual, badannya lelah dan lesu, badannya gatal kemungkinan besar terkena penyakit yang ditulis di atas, lebih baik segera berobat ke rumah sakit.

cara pencegahan penyakit musim dingin sbb;
(1) sering cuci tangan dan kumur-kumur. jika ke tempat ramai memakai masker.
(2) kontrol udara kamar dan kelembaban. bagusnya suhu kamar 20 s/d 23 derajat dan kelembaban 60% lebih atas(virusnya mati) kadang-kadang mengganti udara kamar.

dan ketika musim dingin basah tangan dan lama kena udara kering kulitnya menjadi memerah dan bengkak merasa gatal. itu nama penyakitnya shimoyake(しもやけ).
harusnya sesudah cuci tangan melap tangan memakai saputangan supaya tidak menjadi shimoyake.

udara Jepang di musim panasnya lembab dan panas jadi virus dan bakteri yang suka udara lembab dan panas berkembang biak.
seperti kurap(たむし), keracunan makanan(しょくちゅうどく), diare(げり), Herpes(ヘルペス、ほうしん), eksim(しっしん), digigit serangga(むしさされ), penyakit dari kutu(ダニのびょうき), kudis(かいせん) dll..

ketika musim panas sering berkeringat sehingga kulit menjadi gatal-gatal dan garuk-garuk menjadi bengkak sampai memerah. itu nama penyakitnya biang keringat(あせも).
sebaiknya jangan garuk-garuk karena bisa tambah penyakitnya berat apalagi kalau menggunakan tangan yang kotor.

sudah menjadi musim panas biasanya badan merasa lesu dan lelah. mudah capek, nafsu makan hilang dan badan menjadi kurus. gejala ini namanya natsubate(なつばて).

cara pencegahan penyakit musim panas sbb;
(1) sering cuci tangan dan kumur-kumur.
(2) perbanyak minum air.
(3) peliharalah kebersihan kamar (jemur selimut,cuci sepatu,pakaian dll)
hilangkan debu(ほこり), jamur(カビ), kutu(ダニ), kecoa(ゴキブリ) dll

kalau kurang minum air ada resiko dehidrasi(ねっちゅうしょう) dan mudah pingsan.
jika musim pamas lebih baik memillih pakaian yang sejuk dan bertopi(kepalanya melindungi dari terik sinar matahari).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar